Jumat, 28 Agustus 2015

New Era

Selamat datang kembali di blog tercinta. Rasanya udah lamaaaaaa banget nggak nulis. Hihi. Bukan perkara sok sibuk karena udah kerja, tapi memang karena  otak sedang susah merangkai kata. Alhamdulillah dari terakhir nulis dulu yang masih jadi anak kuliahan, pada tulisan kali ini aku udah jadi perawat beneran yang kerja di sebuah rumah sakit swasta Islam, dan tentunya sudah terakreditasi oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia #halah.

Nyari kerja susahnya memang Naudzubilah. Jadi kalian yang masih kuliah jangan selangit lah kalau bergaya, kalau belum tahu gimana susahnya nyari duit pake keringat kamu sendiri. Baru tahap ngelamar kerjaan aja udah susah banget. Lamaran diacuhkan, diabaikan, sudah jadi hal yang biasa. Tangan sampai gempor nulis disana nggak dibaca juga udah sering. Intinya kalo nyari kerja ya harus totalitas. Semua instansi yang kira” kamu pengenin daftarin aja semua. Gaperlu nunggu ada lowongan. Mungkin bagi sebagian orang ada yang suka bilang “ Ah takut sia2 nulis kalau ngelamar pas ga ada lowongan”. Kalau menurutku ya dimana ada celah yang sesuai dengan kemampuan kita, dengan ijazah kita,  why not? Toh nanti juga bakal kebales kalau pas dapet panggilan. Karena semua memang butuh niat dan modal. Modal pulpen, kertas, amplop, foto kopi, biaya  pos, belum biaya transport kalau udah ada panggilan. Kun fa yakun. Kalau memang udah rejeki kita, dan Allah bilang iya, Pasti dipanggil dan dilancarin deh pas ujiannya.

Mau berbagi sedikit soal pengalaman pribadi nih pas ngelamar kerjaan dulu…
Lulus September 2014, abis wisuda mulai sibuk ngelamar sana-sani. Ikut peruntungan tes CPNS. Jujur yang semangat kali ini malah ayahku. Yang ndaftarin ayah. Nyariin contoh-contoh soal CPNS juga ayah. Sekali nulis lamaran langsung 3,5. Ngirim ke pos, sampe pak pos nya hafal. Nunggu minggu demi minggu, bulan demi bulan. Dan akhirnya dapet panggilan tes. Baru dipanggil doang aja senengnya minta ampun. Tes demi tes dilewati. Sampai pada suatu hari ketika udah ditahap akhir aku dinyatakan gagal. Nyeseknya tu dihati. Aku mulai berganti arah. Ngirim beberapa lamaran di Semarang dan Tung! 2 minggu nunggu akhirnya ada panggilan. Aku berangkat ke Semarang sendirian berbekal doa orang tua. Tes seharian. Ketemu teman-teman baru dari berbagi penjuru dunia #halah.  Pokoknya seneng wes. Deg deg an iya. Banyak harapan yang kubawa. Banyak doa yang menyertai dari keluarga. Aku hanya berusaha maksimal supaya kedua orang tuaku bangga.
Harap-harap cemas menunggu kabar burung dari hasil seleksi tes. Hari demi hari, dan akhirnya satu minggu aku dapat kabar bahwa keterima di salah satu rs swasta Islam di Semarang. Aku langsung memeluk ibuku dengan haru. Orang tuaku yang selalu menyaksikan betapa anaknya gigih kesana kesini sendiri untuk mencari kerja. Akhirnya berbuah manis. Dan aku  tidak menyangka rencana Allah begitu hebatnya. Sekarang udah dapet tempat kerja yang Alhamdulillah nyaman, lingkungan kerja juga nyaman, teman kerja yang solid, baik hati semua, tidak ada senioritas. Ditambah ada sahabatku yang udah kerja duluan di Semarang. Meskipun beda RS tp kami masih sering hanging out bareng. Pokoknya BETAH di sini hehehe

Dalam buku syair-syair Imam asy-Syafi’I dituliskan :

Merantaulah, engkau akan mendapatkan pengganti dari orang-orang yang kautinggalkan, dan bekerja keraslah karena sesungguhnya kelezatan hidup itu ada dalam kerja keras. Sungguh aku melihat menggenangnya air itu akan membuatnya rusak, jika ia mengalir maka ia menjadi bagus dan jika tidak mengalir maka dia tidak bagus. Singa-singa itu, andaikan tidak pernah meninggalkan sarangnya, dia tidak akan mendapatkan mangsa, dan anak panah takkan pernah mengenai sasaran jika tidak meninggalkan busurnya. Matahari itu, andaikan dia berhenti terus di orbitnya, pasti semua manusia akan menjadi bosan kepadanya, baik orang ‘Ajam maupun Arab. Bijih emas itu tidak ada bedanya dengan tanah biasa di tempat-tempat asalnya, sedangkan cendana adalah sejenis kayu bakar saja di negeri asalnya. Jika bijih emas itu meninggalkan negeri asalnya, maka menjadi mahal harganya, dan jika kayu cendana itu meninggalkan negeri asalnya maka iapun semahal emas. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar